Metode Ceramah
Minggu, 22 September 2019
Metode Ceramah ...
Metode Ceramah Dalam Pembelajaran
Bapak / ibu guru yang ganteng dan manis ...saya hari ini akan menulis mengenai metode ceramah, namun sebelum kita bahas panjang kali lebarnya tentang metode ceramah, kalau boleh saya bertanya dulu ..nih "apa sih metode itu" ... ? terkadang kita sering mengucapkan kata - kata metode (bagi guru ini bukanlah barang asing, sama seperti bentuk uang bukan barang asing juga hehehe ...), apa lagi ketika kita akan membua RPP.
Pengertian metode adalah adalah suatu proses penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh tenaga pengajar atau guru. Dengan demikian metode sebagai katalisator dalam menyampaikan materi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Apa saja sih metode dalam pembelajaran .... ?
eihhhh banyak kali ... tapi kita akan mengupas salah satunya dulu... kalau tidak capek kita akan bahas pada episode berikutnya mengenai metode yang lain. langsung saja ya ...!
Metode ini adalah metode paling tua dari sekian metode... saya belum lahir saja metode ini sudah ada, atau kemungkinan sekolah belum ada metode ini sudah lahir ke dunia. Metode ini dulunya dan sampai saat ini merupakan metode andalan ketika berada di depan kelas.
Apa sih ciri khas metode ceramah ... ?
ciri khas dari metode ini memiliki aktifitas pembelajaran yang berjalan satu arah atau satu sumber yakni guru. Sehingga metode ini memiliki filosofi " dengan energi yang sedikit dapat menghasilkan sesuatu yang banyak"
namun yang perlu dicatat, keberhasilan dalam menggunakan metode ceramah tergantung pada kepiawaian ceramah dalam menggunakan metode ceramah, sedangkan kepiawaian bersifat individual maka keberhasilannya juga bersifat individual. Dengan demikian maka jika ada materi yang sama, disampaikan dengan dua orang yang berbeda maka hasilnya belum tentu sama.
syarat digunakannya metode ceramah
ada sejumalah syarat yang bisa kita gunakan ketika metode ceramah menjadi pilihan utama, yaitu :
1. Kelas terlalu besar dan materi terlalu banyak yang akan disampaikan
2. Alat bantu media harus dipersiapkan untuk memusatkan perhatian peserta didik
3. Setting kelas harus diperhatikan, mulai dari pentilasi karena jika tidak maka metode ini bisa membosankan dan menyiksa peserta didik.
ketiga hal di atas harus menjadi bahan pertimbangan ketika kita akan menggunakan metode ini dalam penyampaian materi. Dilihat dari sisi penggunaan metode ini terlihat mudah, namun pada dasarnya metode ini amat sulit, karena keberhasilan dalam metode ini dipengaruhi kepiawaian kita dalam menyampaikan materi.
![]() |
siswa mengantuk |
Kegagalan yang terjadi pada metode ini adalah hilangnya motivasi belajar anak dan yang lebih parahnya lagi mengakibatkian siswa ngantuk dan tertidur. yang sering terjdi kegagalan pada metode ceramah adalah habisnya bahan yang akan dibicarakan dan waktu yang dmiliki masih banyak sehingga akan terjadi pengulangan - pengulangan kalimat yang tidak perlu.
namun demikian metode ceramah ini masih menjadi primadona para guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas, kenapa hal ini terjadi ... ? karena metode ini tidak perlu banyak belajar dalam menggunakan metode, seperti metode - metode yang lainnya.
demikian ulasan singkat tentang metode ceramah, besok kita ketemu dengan metode Tanya Jawab... semoga bermanfaat.