Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SEMBILAN KOMPONEN PEMBUATAN PTK YANG HARUS TERPENUHI

 SEMBILAN KOMPONEN PEMBUATAN PTK YANG HARUS TERPENUHI


Kawan – kawan guru secara umum dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Memuat berbagai komponen yang harus terpenuhi. Komponen tersebut akan kita bicarakan pada kesempatan kali ini.

Jika kita sudah memahami komponen ini satu persatu insyaAllah kita akan mudah dalam menyusun sebuah karya tulis PTK ini, baik sebagai mahasiswa ataupun seorang guru.

A. Sembilan  Komponen Laporan PTK

     1.   Judul

Jelas komponen yang pertama adalah judul, dalam membuat sebuah judul ada aturannya, sehingga judul terkemas menarik dan menggambarkan substansi dari judul tersebut. Judul tersebut mencerminkan apa yang akan disajikan dan dibahas sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas apa yang akan ditemui di dalam laporan tersebut.

Rambu – rambu dalam membuat judul sebenarnya sudah kita bahas, pada artikel sebelumnya, namun kali ini sedikit saya ulang kembali, untuk kita mengingatnya kembali.

  1. judul harus singkat padat dan jelas

  2. menggambarkan suatu perbaikan atau upaya perbaikan pembelajaran 

  3. merupakan suatu tindakan yang paling penting dilakukan, apabila tidak segera dilaksanakan perbaikan maka dikhawatirkan akan mengakibatkan dampaknya pada kegiatan yang lain.

  4. terdapat identitas (sekolah,kelas atau mata pelajaran) waktu pelaksanaan (tahun kegiatan) 

Nah itu terkait dengan judul, sebagai contoh bisa dilihat berbagai judul PTK di blog ini. Itu sebagai referensi saja tidak dianjurkan plagiat.

2. Abstrak

Abstrak merupakan bagian terpenting dalam sebuah penelitian... Kenapa? Karena abstrak merupakan intisari dari semua pembahasan dalam laporan karya tulis yang sudah kita buat, sehingga abstrak diletakan di awal laporan kita.

Terkait dengan pembuatan abstrak pun sudah kita bahasa, silahkan baca kembali di artikel mengenai cara menulis abstrak yang baik dan benar.

Dikatakan tadi abstrak merupakan intisari dari sebuah laporan, karena melalui abstrak ini pembaca dapat mengetahui unsur – unsur penelitian yang dilakukan mulai dari masalah, tujuan, metode, sampai dengan hasil penelitian tersebut.

Dengan demikian maka pembaca dengan waktu cepat dapat menarik sebuah kesimpulan atau gambaran umum dan menyeluruh dari laporan penelitian tersebut, tanpa membuka bab per bab laporannya.

3. Pendahuluan

Selanjutnya adalah pendahuluan yang termuat pada BAB 1, dalam pendahuluan ada beberapa sub yang dibahas diantaranya : 

a)  Latar Belakang Masalah 

Latar belakang masalah secara umum menggambarkan terjadinya masalah dalam kegiatan pembelajaran, permasalahan tersebut dapat diperkuat dengan data empiris. Masalah – masalah tersebut dicarikan solusi dengan mempertimbangkan aspek teori dan penguasaan terhadap masalah tersebut.

 b)  Identifikasi masalah dan analisis masalah

           Mencakup berbagai masalah yang terjadi, menuangkan masalah dari hasil refleksi, membuat identifikasi masalah bisa lebih dari satu masalah yang ditulis, semakin banyak masalah yang ditulis semakin kita jujur dalam kegiatan pembelajaran, artinya kita mengintropeksi dari hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

       Pada kegiatan analisis masalah, yang kita lakukan adalah menganalisa mengapa masalah tersebut bisa terjadi, apa yang harus kita lakukan, seberapa penting masalah tersebut untuk kita ambil tindakan, langkah apa yang kita ambil untuk memecahkan masalah tersebut,apa kita menguasai masalah tersebut jika kita ambil tindakan.

          Terkait dengan analisis jika masih bingung bisa lihat contoh pada proposal PTK di blog ini.

           c)  Rumusan masalah

       Merumuskan masalah yang akan kita buat ini terkait dengan analisis yang kita lakukan, masalah apa yang akan kita ambil tindakan untuk perbaikan dan menggunakan metode apa untuk kita menyelesaikannya, dan jangan lupa diawali kalimat tanya diakhiri tanda tanya.

           d) Tujuan Perbaikan atau penelitian

     Terkait penulisan tujuan ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah, jika rumusan masalahnya di buat dua maka tujuannya penelitiannya juga harus dua. Pada tujuan penelitian penulisannya menggunakan kalimat pernyataan berbeda dengan rumusan masalah yang menggunakan kalimat tanya.



      e)  Manfaat Penelitian

terkait dengan manfaat penelitian secara umum memiliki manfaat pada guru artinya memiliki manfaat bagi peneliti itu sendiri  atau guru yang memiliki permasalahan yang sama atau sebagai referensi guru lain. 

Manfaat bagi siswa artinya melalui kegiatan perbaikan ini maka akan menimbulkan manfaat bisa meningkatkan hasil belajar siswa, mendapat pengalaman baru dalam pembelajaran, menumbuhkan motivasi dan lain sebagainya

Manfaat bagi institusi atau lembaga tempat penelitian, dengan kegiatan penelitian ini akan bermanfaat bagi institusi misalnya meningkatkan kualitas gurunya, meningkatkan prestasi sekolah, meningkatkan akreditasi sekolah dan lain sebagainya


      4. Kajian Pustaka

Kawan – kawan, kajian pustaka ini merupakan bagian yang sangat penting, kenapa ? karena tanpa didasari teori dari para ahli maka penelitian yang kita buat akan kacau, hasil yang didapat tidak dapat dipertanggung jawabkan. 

Oleh sebab itu langkah yang terpenting sebelum melakukan tindakan perbaikan, kita harus memastikan teori tersebut ada atau tidak. Jika tidak ada maka kita harus melakukan alternatif tindakan perbaikan yang lain.

Teori  teori pada kajian pustaka ini, merupakan dasar untuk kita membangun sebuah konsep perencanaan dan sebuah tindakan yang akan kita lakukan di lapangan.


     5. Pelaksanaan Penelitian

Pelaksanaan penelitian ini termasuk dalam BAB III, pada kegiatan Bab III ini hanya bercerita dan tidak menampilkan hasil ataupun data. Pada pelaksanaan penelitian ini ada beberapa hal yang dibahas

        a.  Subyek penelitian dan Objek Penelitian

Misalnya memberikan informasi terkait lokasi, maka kita bercerita dimana dilaksanakan misal sekolah atau kelas, jadwal penelitian,karakteristik siswa, jumlah siswa, jenis kelamin, team peneliti dll)

terkait dengan objek ( mata pelajarannya apa, atau metode yang digunakan untuk melaksanakan perbaikan)


b. Prosedur Siklus

dimulai dari persiapan perencanaan, tindakan dan observasi pengumpulan data, dan refleksi hasil kegiatan

c. Metode  Penelitian

    terkait dengan langkah – langkah dan prosedur dalam melaksanakan kegitan penelitian

d. Instrumen Penelitian

    Terkait dengan alat yang dipergunakan dalam pengumpulan data


6. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil penelitian bagian dari BAB IV, pada bagian ini kita berbicara mengenai kajian hasil penelitian yang dilakukan secara sistematis atau berurutan. 

Misalkan kita membuat tujuan perbaikan  ada ; 1. Mengaktifkan siswa dengan menyebarkan pertanyaan, 2. Meningkatkan pemahaman materi dengan menggunakan alat peraga.

Maka kita membahasnya, memaparkan hasilnya dimulai dari mengaktifkan siswa dan selanjutnya pemahaman materi.

Setiap sajian bisa langsung dilakukan pembahasan, hal ini dapat memperkuat argumen mengapa hasilnya seperti itu. Pembahasan harus dikaitkan dengan teori, pengalaman di lapangan dan hasil yang didapat.Jadi pembahasan ini merupakan hasil refleksi yang kita korelasikan dengan teori.


7. Kesimpulan dan saran

Terkait dengan kesimpulan dan saran   sebenarnya sudah kita bahas panjang dikali lebar, silahkan buka lagi di blog ini dan sitemap terkait artikel kesimpulan dan saran. 

Jadi kita buat  garis besarnya saja di sisi, bahwa kesimpulan merupakan intisari dari uraian – uraian sebelumnya. Sedangkan saran tidak berdiri sendiri tetapi merujuk pada kesimpulan. Sehingga kesimpulan dan saran disajikan berdasarkan tujuan penelitian.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ini juga sangat penting, kenapa ...? karena dengan adanya daftar pustaka ini, penelitian yang kita buat menunjukan bahwa kita bukan plagiat. Apa saja yang kita kutip yang memperkuat tulisan dan argumen kita, kita masukan ke dalam daftar pustaka.

Daftar pustaka kita buat berdasarkan abjad, yang dimulai dengan nama belakang penulis, tahun penerbitan, judul buku ditulis miring, kota tempat terbit dan nama penerbitnya. 

Jika kita mengutip dari sumber browsing atau internet, maka kita tulis hari, tanggal dan jam berapa.

9.  Lampiran 

Dalam membuat lampiran kita dapat melampirkan hal yang terkait dengan laporan penelitian ini, seperti RPP kegiatan, lembar observasi, foto – foto kegiatan, hasil kegiatan dan lain – lain. Silahkan lihat di blog terkait dengan lampiran. 

Melihat dari berbagai hal yang akan diletakan pada lampiran tersebut, maka dapat dikatakan bahwa lampiran merupakan data pendukung dari sebuah kegiatan penelitian