LK 2. Konsep Keberagaman Peserta Didik
Rumah Guru LK 2. Konsep Keberagaman Peserta Didik sebagai referensi bapak dan ibu
NAMA |
BUDIARTO |
INSTANSI |
SD TANJUNG
HARAPAN |
Petunjuk! 1. Bacalah materi tentang Konsep Keberagaman Peserta
Didik yang sudah peserta bimtek unduh! Jawablah pertanyaan yang diberikan
berdasar berbagai sumber referensi yang relevan!. 2. Jawaban diunggah ke LMS dalam bentuk PDF. 3. Berilah nama file jawaban LK dengan format:
Nama_Judul Sub Materi. Misal:
Agus Setiawan_ Konsep Keberagaman Peserta Didik 4.
|
|
1. |
Menurut anda, apa yang dimaksud dengan
keberagaman peserta didik? Jawab: Menurut saya, keberagaman peserta didik merupakan
karakteristik yangdimiliki oleh setiap peserta didik yang berupa keberagaman
budaya, fisik,gender, latar belakang keluarga, kemampuan dan kelebihannya
tersendiri.Namun hal ini tidak menjadi sebuah hambatan untuk memperoleh
layananpembelajaran dalam upaya mencapai kualitas hidup. |
2. |
Menurut anda, bagaimana bentuk konkrit dari empat
indikator kualitas hidup bagi setiap peserta didik? Jawab: 1. To Live, setiap peserta didik di sekolah inklusif
memiliki hak untuk hidup mengembangkan potensi dirinya, tanpa harus
terhalangi atau dibatasi oleh kondisi hambatan yang dimilikinya. Peserta
didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif tidak boleh dibiarkan hanya
sebagai "pelengkap kuota kelas inklusif", tetapi keberadaan peserta
didik di kelas inklusif harus menjadi tantangan bagi guru untuk berkreatif
dalam mengembangkan layanan pembelajaran akomodatif. 2. To Love, setiap peserta didik di sekolah inklusif
harus merasa terlindungi, mengikuti kegiatan pembelajaran dan aktivitas
sekolah lainnya secara ramah, nyaman dan tidak dibiarkan mendapat bully dari
peserta didik lainnya. Bahkan guru harus mengembangkan sikap saling
menyayangi, mencintai sebagai sesama warga sekolah. 3. To Play, setiap peserta didik di sekolah inklusif
harus memperooeh kesempatan yang sama untuk mengikuti aktivitas belajar
secara aktif dan bermain di sekolah, seperti dalam diskusi kelompok, kegiatan
ekstrakurikuler, dan perlombaan yang diadakan sekolah. Peserta didik
berkebutuhan khusus harus memperoleh hak yang sama untuk memperoleh
kesempatan aktivitas permainan di kelas dan lingkungan sekolah. 4. To Work, setiap peserta dididk di sekolah
inklusif memperoleh hak yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam upaya
mengembangkan potensi dirinya untuk nantinya menjadi individu yang mandiri
dalam memasuki dunia kerja. Peserta didik berkebutuhan khusus tidak boleh
dihadirkan di kelas hanya sebagai "pelengkap penderita" akan tetapi
harus diberikan layanan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan layanan
pendidikannya. |
3. |
Setelah membaca materi keberagaman peserta didik,
menurut anda, peserta didik berkebutuhan khusus jenis apa yang ada di sekolah
anda? Bagaimana cara anda (proses) dalam menentukan hal tersebut? Jawab: |
4. |
Berdasar soal nomor
3, bagaimana anda akan memfasilitasi peserta didik berkebutuhan khusus
tersebut, sehingga peserta didik tidak mengalami hambatan dalam pembelajaran?
Jawab: |