Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

LK 2. Konsep Keberagaman Peserta Didik


Rumah Guru LK 2. Konsep Keberagaman Peserta Didik sebagai referensi bapak dan ibu

NAMA

BUDIARTO

INSTANSI

SD TANJUNG HARAPAN

 

Petunjuk!

1.       Bacalah materi tentang Konsep Keberagaman Peserta Didik yang sudah peserta bimtek unduh! Jawablah pertanyaan yang diberikan berdasar berbagai sumber referensi yang relevan!.

2.       Jawaban diunggah ke LMS dalam bentuk PDF.

3.       Berilah nama file jawaban LK dengan format: Nama_Judul Sub Materi. Misal: Agus Setiawan_ Konsep Keberagaman Peserta Didik

4.     

1.

Menurut anda, apa yang dimaksud dengan keberagaman peserta didik?

Jawab:

Menurut saya, keberagaman peserta didik merupakan karakteristik yangdimiliki oleh setiap peserta didik yang berupa keberagaman budaya, fisik,gender, latar belakang keluarga, kemampuan dan kelebihannya tersendiri.Namun hal ini tidak menjadi sebuah hambatan untuk memperoleh layananpembelajaran dalam upaya mencapai kualitas hidup.

 

2.

Menurut anda, bagaimana bentuk konkrit dari empat indikator kualitas hidup bagi setiap peserta didik?

Jawab:

1.     To Live, setiap peserta didik di sekolah inklusif memiliki hak untuk hidup mengembangkan potensi dirinya, tanpa harus terhalangi atau dibatasi oleh kondisi hambatan yang dimilikinya. Peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif tidak boleh dibiarkan hanya sebagai "pelengkap kuota kelas inklusif", tetapi keberadaan peserta didik di kelas inklusif harus menjadi tantangan bagi guru untuk berkreatif dalam mengembangkan layanan pembelajaran akomodatif.

2.     To Love, setiap peserta didik di sekolah inklusif harus merasa terlindungi, mengikuti kegiatan pembelajaran dan aktivitas sekolah lainnya secara ramah, nyaman dan tidak dibiarkan mendapat bully dari peserta didik lainnya. Bahkan guru harus mengembangkan sikap saling menyayangi, mencintai sebagai sesama warga sekolah.

3.     To Play, setiap peserta didik di sekolah inklusif harus memperooeh kesempatan yang sama untuk mengikuti aktivitas belajar secara aktif dan bermain di sekolah, seperti dalam diskusi kelompok, kegiatan ekstrakurikuler, dan perlombaan yang diadakan sekolah. Peserta didik berkebutuhan khusus harus memperoleh hak yang sama untuk memperoleh kesempatan aktivitas permainan di kelas dan lingkungan sekolah.

4.     To Work, setiap peserta dididk di sekolah inklusif memperoleh hak yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam upaya mengembangkan potensi dirinya untuk nantinya menjadi individu yang mandiri dalam memasuki dunia kerja. Peserta didik berkebutuhan khusus tidak boleh dihadirkan di kelas hanya sebagai "pelengkap penderita" akan tetapi harus diberikan layanan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan layanan pendidikannya.

 

3.

Setelah membaca materi keberagaman peserta didik, menurut anda, peserta didik berkebutuhan khusus jenis apa yang ada di sekolah anda? Bagaimana cara anda (proses) dalam menentukan hal tersebut?

Jawab:

 

 

 

 

 

 

 

4.

Berdasar soal nomor 3, bagaimana anda akan memfasilitasi peserta didik berkebutuhan khusus tersebut, sehingga peserta didik tidak mengalami hambatan dalam pembelajaran?

Jawab:

 

 

 

 

 

 

 

 


Semoga Bermanfaat.