Tes Formatif Keberagaman Jenis Kebutuhan Peserta Didik
Rumah Guru, Tes Formatif - Keberagaman Jenis Kebutuhan Peserta Didik
1. Peserta didik
yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memilki
minat untuk bekerjasama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk
berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik terseut lebih tepat
menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan .....
Pilih
salah satu:
A.
Autism
B.
Tunarungu
C.
Tunanetra
D.
Tunadaksa
E.
Tunagrahita
2. Manakah
pernyataan di bawah ini yang paling tepat di bawah ini yang menggambarkan
pernyataan paling tepat tentang makna keberagaman peserta didk?
a. Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif
tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik,
sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
b.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang
menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial
budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
c.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang
menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial
budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses
pembelajaran.
d.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah
inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental
akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut
dalam proses pembelajaran.
e.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang
mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik,
sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
3. Guru di
sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan
pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk
mengembangkan kemampuan dasar, berupa .....
Pilih salah satu:
a.
Kemampuan Activity Dailly Living
b.
Kemampuan mobilitas
c.
Kemampuan Berperilaku Adaptif
d.
Kestabilan emosi
e. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
4. Dalam pembelajaran
di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif
dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat
anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan
konsep .....
Pilih salah satu:
a.
To Work
b.
To Learn
c.
To Play
d.
To live
e.
To Love
5. Keterbatasan
atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan
aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya
digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari
.....
Pilih
salah satu:
a.
Under Achievment
b.
Disability
c.
Impairment
d.
Handicapped
e.
Under Actuality