Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kalender Pendidikan 2023-2024


Untuk memberikan pedoman kepada satuan pendidikan dalam mengatur waktu pembelajaran dan untuk mewujudkan efektifitas kegiatan belajar mengajar pada tahun tahun pelajaran 2023/2024, perlu adanya kalender pendidikan tahun pelajaran 2023-2024.

Kaldik merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur. Perencanaan Pengaturan Kelas merupakan: a) Pengaturan kelas untuk keperluan administrasi Satuan Pendidikan; b) Penempatan denah Satuan Pendidikan pada papan pengumuman dan pengaturan ruang kelas untuk memudahkan peserta didik dapat mengetahui ruang belajar masing. Permulaan tahun pelajaran merupakan waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap Satuan Pendidikan. 

Hari pertama masuk Satuan Pendidikan merupakan serangkaian kegiatan Satuan Pendidikan pada permulaan tahun pelajaran yang berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja. Minggu efektif belajar merupakan jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap Satuan Pendidikan. Waktu pembelajaran efektif merupakan jumlah Jam Pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah Jam pempelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuK muatan iokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. 

Waktu libur merupakan waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada Satuan Pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Untuk hari masuk pertama masuk sekolah jatuh pada tanggal 10 Juli 2023.

Untuk lebih lengkap dapat mendownlod KALDIK 2023-2024

Semoga bermanfaat bapak dan ibu.